Jumat, 22 April 2011

Jenis Komputer

JENIS KOMPUTER BERDASARKAN UKURAN


1. Microcomputer
Microcomputer adalah sebuah kelas computer yang menggunakan microprocessor sebagaia CPU utamanya.
Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer.
Contoh : laptop dan computer Pc ( desktop ).


2. Mini Computer
Gb. 2.0
minicomputer adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single user seperti komputer pribadi.
Kini diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam dunia IBM,stasiun kerja (workstation) dalam dunia sun microsystem dan UNIX/Linux serta server.


3. Small Computer (Smale-Scale Mainframe Computer).
Small computer disebut juga dengan nama small-scale mainframe computer. Small computer sekarang kebanyakan menggunakan system multiprogramming, multiprocessing dan virtual storage, serta bersifat multiuser dengan jumlah terminal sampai dengan ratusan buah.


4. Medium Computer (Medium-Scale Mainframe Computer).

Medium computer disebut juga dengan nama medium-scale mainframe computer. Medium computer dapat mempunyai sejumlah besar dan bermacam-macam alat input atau output. Biasanya medium computer digunakan untuk komunikasi data, dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputernya. Pusat computer biasanyta menggunakan medium computer dan terminal-terminal dapat menggunakan micro computer atau mini computer untuk penerapan konsep Distribusi Data Processing (DDP), yaitu terminal selain dapat berhubungan dengan computer pusat, tetapi dapat juga berdiri sendiri.


5. Super Computer

Penggunaan super computer memungkinkan penerapan system time-sharing yang lebih efektip. Ribuan terminal dapat dihubungkan dengan super computer dan ribuan pemakai dapat menggunakannya pada saat yang bersamaan.

Super computer disebut juga dengan nama parallel processor, karena super komputer adalah mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang secara parallel. Contohnya adalah super komputer yang di gunakan di perusahaan telepon ptt di belanda yang mengunakan sebanyak 48 processor yang diparalel.


6. Large Computer (Mainframe Computer)

Large computer disebut juga dengan nama mainframe computer atau large-scale mainframe computer karena bentuk fisiknya besar seperti lemari. Komputer mainframe mempunyai kecepatan 400 mips. Computer jenis ini di gunakan pada perusahaan-perusahaan yang besar, seperti misalnya perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang yang tersebar di seluruh dunia yang tiap-tiap kantor cabang mempunyai terminal dihubungkan dengan pusat komputernya.
Karena kecepatan dan besarnya memori computer ini, memungkinkan secara efektip menerapkan system time-sharing, ratusan pemakai dapat computer ini serentak dari terminal masing-masing pada saat yang bersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar